Monday, February 13, 2012

Program DIA di Linux Pengganti Ms. Visio

Alhamdulillah sudah masuk ke semester dua. Kuliah lagi kuliah lagi ;) Hari ini selasa 14 Februari saya memulai dengan kuliah Praktek algoritma pemrograman yang ternyata dibersamai sama mas @adhiwi alias mas adhi wicaksono. Untuk kuliah ini masih tetap bergelut dengan Mbah Java. Tapi karena masih awal jadi masih pakai coding yang sederhana dan masih seputar pengenalan algoritma itu sendiri. Algoritama itu sendiri menurut hemat saya itu sebuah susunan proses yang terstruktur dan jelas untuk menyelesaikan masalah. Nah nah ..ngobrolin soal Algoritma tentu nggak akan lepas dari flowchart. Mas Adhi bilang untuk membuat flowchart kita bisa pakai Microsoft Visio untuk mempermudah. 
Jelas program yang menggunakan Kata Microsoft itu pasti harus pakai OS Jendela. Padahal saya pake OS linux, eng ing eng _________
Tanya-tanya ke Om google, dan alhamdulillah nemu program sejenis. Namanya DIA .  
 

Dia is inspired by the commercial Windows program 'Visio', though more geared towards informal diagrams for casual use. It can be used to draw many different kinds of diagrams. It currently has special objects to help draw entity relationship diagrams, UML diagrams, flowcharts, network diagrams, and many other diagrams. It is also possible to add support for new shapes by writing simple XML files, using a subset of SVG to draw the shape.
Langsung deh buka console ketik :

sudo apt-get install dia

Proses nya kurang lebih seperti ini ;


Dan taraaaaaaaa_____ pas selesai program tampilanya kayak gini :

Alhamdulillah yaahh.. *kibas rambut jilbab
Langsung kesimpulan aja deh !
" Siapa bilang linux susah ! ! " :D




0 comments:

Post a Comment

Monggo napak tilas :D