Monday, February 6, 2012

British Council & HelloFest Goes To Campus : Animasi dan Industri Animasi

Hari ini tepatnya tanggal 6 Februari 2012, saya Alhamdulillah mendapat kesempatan untuk mengikuti acara super, seminar animasi berjudul " How To Internationalize Your Animation " yang dibawakan oleh dua orang dedengkot animasi yang satu dieksport dari Inggris yaitu Uncle Fred Deakin sama Om Wahyu Aditya.

 


 Proses registrasi pertama melalui sistem online, tapi kemudian ada pemberitahuan bahwa peserta bisa melakukan heregristasi untuk mendapatkan free ticket. Bingung juga awalnya soalnya dari awal udah ada pemberitahuan bahwa Seminar ini gratis tapi kok harus registrasi ulang. Ya..karena kebetulan kampus Akakom deket sama rumah, saya jadi ndaftar untuk registrasi ulang dan ternyata memang seminar ini gratis tapi ada perbedaan bagi yang nggak melakukan registrasi ulang sama yang dateng ke Akakom untuk registrasi ulang. Bedanya yaitu kalau registrasi ulang dapet snack + sebotol coca-cola. :D
Yaa...selain sistem pemberian snack yang cukup unik :D , saya kasih applous deh buat acara ini. Keren banget ( UNY harus bisa nih seminar kayak gini,  ayok semangat temen-temen himanika ! )
Pembicara awal ada dari Uncle Fred dimana beliau menceritakan tentang perusahan animasinya yang telah berhasil sukses didunia internasional. Menurut beliau ada Tiga jenis job untuk animasi : 

1. Biro Iklan - Disini animator bekerja dengan teknik, Animator as a craftmen 
2. Client - Animator as a partner
3. Ourselves - Animaotr as an artists

Trus untuk Uncle Fred juga memberikan tiga element untuk memulai animasi dan untuk masuk ke industri animasi : 
1. Story / script 
2. Unik
3. Style animasi tersendiri yang unik

Uncle Fred juga menjelaskan bahwa industri animasi internasional itu sangat dinamis, mereka sangat terbuka dan bahkan menanti karya-karya fresh yang baru dari muda-mudi kreatif.  Untuk memulai masuk di industri animasi ini, kita harus mau belajar dan berusaha. Start now ! Semakin banyak kita membuat animasi, akan semakin baik animasi yang  kita hasilkan.

Dan sesi kedua disambung langsung oleh Om Wahyu Aditya. Beliau menceritakan tentang industri animasi lokal saat ini. Om wahyu yang merupakan founder dari Hello Fest yang baru saja sukses dengan acara Hello Fest festival di Jakarta kemarin ini menyatakan bahwa kita itu mampu bersaing dengan animator-animator lain di Luar negeri. Terbukti beberapa kali Indonesia berhasil meraih prestasi dalam kejuaraan animasi internasional. Tapi di Indonesia wadah untuk menampun dan mempublish karya animator lokal masih sangat sedikit bahkan semakin berkurang saat ini. Jika tempat yang mewadahi dan memayungi animator-animator itu banyak tentu akan banyak orang yang semakin tertarik dengan dunia animasi. 
Selain itu Om Wahyu Aditia juga membuka pikiran peserta creative seminar bahwa Animasi itu bukan hanya tentang film dan kartun. Animasi ini mencakup tentang banyak hal. Animasi intinya adalah sebuah ilusi yang terjadi karena tampilan gambar. Ilusi ini diciptakan dari mata manusia, ternyata mata manusia itu bisa menyimpan gambar yang muncul sebelumnya. Dan disanalah letak animasi. Bagaimana kita membuat sesuatu Ilusi yang menarik dan dapat menghibur. Yaaa...animasi bukan hanya sekedar film kartun, shincan, dll . . .
Pokoknya seru deh acara seminar kali ini. Jempol buat penyelenggara, Hello Fest, British Council, kedua pembicara yang super sekali, dan tak lupa mas moderator yang dari Jogja Animation yang celananya keren ( haha..sempet2nya ya saya merhatiin celana Pak MC , tp emang keren kok :) ) 
Semoga acar seperti ini sering2 ada, dan terus menumbuhkan semangat berkarya anak muda jogja, terutama saya. 

Tadi pulang dari seminar , saya langsung buka adobe Flash, dan Alamaaakk...saya udah lupa semua teori animasi. Belajar lagi yuukk...semangat semangat ! :)

0 comments:

Post a Comment

Monggo napak tilas :D