Friday, December 30, 2011

Install VBox Guest Additions Ubuntu 11.10



Berawal dari Mas Adis - asisten dosen pemograman 1 - menganjurkan anak-anak kelas G untuk makai linux , akhirnya saya tergoda lagi untuk maen-maen dengan Os pinguin ini. Tanpa pikir panjang saya uninstall OS Jendela saya, dan laptop saya sekarang hanya satu Boot yaitu Ubuntu 11.10. Untuk keperluan program yang membutuhkan OS Windows, akhirnya saya install virtual box punya Oracle. Ya..ujung-ujungnya tetep pake productnya om Bill gates lagi deh...umm..saya pikir dimaafkan lah ya, tuntutan study ini . . heehhee  

Dan menurut saya yang bikin program Virtual Box ini keren . . . .
Saya bisa memvirtualkan komputer , jadi tak perlu beli hardware nya...bahkan kemaren Mas Ary kakak tingkat di HIMANIKA, ngasih tahu tentang bikin jaringan antara laptop dan PC Virtual di virtual box . .  dan itu keren . . sebagai newbie IT , saya terkagum-kagum sodara sodara  
Dan asyik lah saya ngoprek-oprek program satu ini . . begitu proses instalasi selesai di Ubuntu 11.10 saya, mulailah saya mencoba menginstal windows xp yang merupakan satu-satunya file iso di laptop .
Proses berjalan lancar , dan begitu selesai saya kebingungan karena ternyata partisi-partisi laptop tidak terbaca di mesin virtual xp. Um..setelah googling , akhrinya nemu juga, saya harus install Guest Edition . .
Saya coba install deh guest Edition nya . .



Letaknya ada di Tab Device dan pilihan paling bawah : Install Guest Additions...Akan muncul deh jendela seperti ini : 


 pas saya Pilih yes , ternyata ada pesan error , bahwa link download file iso tidak bisa dibuka. . 

Failed to download the VirtualBox Guest Additions CD image from http://dlc.sun.com.edgesuite.net/virtualbox/4.1.2_Ubuntu/VBoxGuestAdditions_4.1.2_Ubuntu.iso.
Error downloading http://dlc.sun.com.edgesuite.net/virtualbox/4.1.2_Ubuntu/VBoxGuestAdditions_4.1.2_Ubuntu.iso - server replied: Not Found


Saya coba lagi cari dan Alhamdulillah nemu link : 

Dari sana saya download file ISO guest Addition. Setelah itu saya masuk ke mesin virtual XP , disana sebelumnya saya masuk ke setting lalu ke option Storage .

Pada pilihan IDE Controller saya tambahkan file guest addition 


Masuk ke mesin virtual , ulangi proses Install Guest Addition . . . dari Device tab menu.


Proses instalasi Virtual Box Guest Additions akan otomatis mulai. 


Pilih folder tempat instalasi 


Muncul pilihan komponen apa yang akan diinstall ,

  

Proses instalasi berjalan ,


Akan disuruh reboot virtual PC , setelah direboot lakukan setting partisi yang mau dishare , 


Klik menu drop down pada Pilihan folder path , kemudian pilih Other  kemudian pilih folder partisi yang akan dishare. 


Setelah selesai pilih OK , dan proses sharing partisi dari Laptop ke virtual PC berhasil .


Alhamdulillah , akhirnya berhasil juga  sekarang saatnya bermain-main dengan XP dalam Linux saya... 


referensi :
 http://virtualboxes.org
https://seogadget.co.uk/how-to-install-virtualbox-guest-additions/
http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=1864312




0 comments:

Post a Comment

Monggo napak tilas :D