Saturday, October 1, 2011

Cara Mengatasi " The Windows Installer service could not be accessed "

Malam ini saya asyik bergumul dengan Poci - Personal Compiyuter - saya . Karena tugas-tugas dikuliah sudah mulai menuntut untuk menggunakan Operating System milik Om Saya - Om Bill Gates-. Akhirnya saya terpaksa menambah OS si Poci dengan XP SP 3 . Slama proses instalasi XP SP 3 ini saya ketiduran , pas bangun eh ternyata udah selesai , tinggal minta restart . Abis direstart , mulailah itu saya install driver dan program-program untuk ngerjain tugas kuliah. . Entah apa yang terjadi saat proses instalasi yang saya tinggal tidur tadi, ternyata ada beberapa file yang corrupt dari windows XP saya . Trobel pertama muncul saat saya mau install Java Development Kit . Saat awal instalasi , tahu-tahu muncul pesan error seperti ini :



Nah lo ...nah loo. Saya cek posisi Windows tidak sedang di Safe Mode. Berarti kemungkinan ada di file Windows Installer yang corrupt. Selanjutnya saya mencoba untuk install ulang Windows Installernya. Ketemu caranya di website microsoft langsung.Pertama buka Run di Start Menu.


Ketikan CMD lalu OK  , untuk masuk ke program command promt .


Akan muncul jendela Command Prompt, ketikkan cd %windir%\system32 untuk masuk ke direktori System32 .


Rename file msi.dll , msihnd.dll . dan msiexec.exe yang sebelumnya corrupt agar nanti saat proses install ulang tak terjadi bentrok. Caranya adalah ketik ren namafile namafilebaru 
Seperti gambar dibawah ini :



 Nah setelah itu ketik exit untuk keluar dari jendela command prompt.

Setelah itu restart PC. Untuk file windows Installer saya dapat download di sini yang merupakan file windows installer 4.5 . Saat menginstall windows installer ini , pc akan minta satu kali lagi restart.
Dan alhamdulillah yahh habis restart terakhir, Java Development Kit saya bisa diinstall . Smoga bermanfaat buat yang juga mengalami hal yang sama , ya setidaknya dari pada harus install ulang lagi , tapi kalau ga mau repot gpp juga sih sekalian  ngapalin proses install ulang hehehhehe....










0 comments:

Post a Comment

Monggo napak tilas :D